Senin, 07 Mei 2012

perbedaan PSAK 101 sebelum revisi dengan PSAK 101 setelah revisi tentang penyajian laporan keuangan syariah


Assalamu’allaikum brother and sister…
Jumpa lagi dengan aku dwi kristanto…
Kali ini aku akan sedikit berbagi cerita tentang perbedaan PSAK 101 sebelum revisi dengan PSAK 101 (revisi 2011) yang telah disahkan tentang penyajian laporan keuangan syariah…
Sebenere aku buat blog ini untuk pengganti absen untuk kelas accounting syariah dari bu istutik dosen saya…
Sedikit cerita nie kawan, aku itu sebenere telat tahu tugas ini karena aku gak check pemberitahuan di edmodo (secure social learning network for teachers and students) yang di pake’ di kampus aku tercinta STIE Malangkuҫeҫwara Malang…
Yaw sekarang aku kembali lagi ke topic utama pembicaraan…
Jujur aku bingung ketika membaca materi yang di berikan bu istutik di edmodo dan aku merasa bingung untuk mengambil inti perbedaan PSAK 101 sebelum revisi dengan PSAK 101 (revisi 2011) yang telah disahkan tentang penyajian laporan keuangan syariah
Tapi setelah aku membaca materi secara hampir keseluruhan aku jadi agak paham dan dapat sedikit menyimpulkan apa inti perbedaan dari keduanya dan inilah hasilnya…
Perihal
PSAK 101
ED PSAK 101
(revisi 2011)
Definisi SAK
Tidak diatur

Pernyataan dan Interpretasi yang dikeluarkan oleh DSAK dan DSAS IAI
Tujuan laporan keuangan
Tidak diatur

Tambahan informasi tentang kontribusi dari dan distribusi kepada pemilik dalam kapasitasnya sebagai pemilik (transaksi ekuitas)
Pos luar biasa
Diperkenankan
Tidak diperkenankan
Laporan posisi keuangan komparatif akibat akibat penera-pan kebijakan akuntansi secara retrospektif, pe-nyajian kembali, dan reklasifikasi pos
Laporan posisi keuangan komparatif disajikan untuk akhir periode sajian

Laporan posisi keuangan komparatif disajikan untuk posisi awal periode sajian (selain akhir periode sajian)


Komponen laporan keuangan

 • Neraca
• Laporan laba rugi
• Laporan perubahan ekuitas
• Laporan arus kas
• Laporan sumber dan penggunaan dana zakat
• Laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan
• Catatan atas laporan keuangan


• Laporan posisi keuangan
• Laporan laba rugi komprehensif
• Laporan perubahan ekuitas
• Laporan arus kas
• Laporan sumber dan penggunaan dana zakat
• Laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan
• Catatan atas laporan keuangan
Laporan laba rugi komprehensif
Laporan laba rugi

• Laporan laba rugi
• Laporan laba rugi komprehensif
Pengungkapan permodalan

 Tidak di atur
Tujuan, kebijakan, dan proses mengelola per-modalan
Tidak diatur
 
Semoga sedikit ilmu yang aku tulis ini dapat bermanfaat…
Wassalamu’allaikum…
Salam sukses buat kita semua….
sampai jumpa kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar